Kami mohon bantuan dan dukungan dari Anda, Apabila Anda menyukai artikel di Timez ini, Dimohonkan untuk Men – Share nya ke Facebook, melalui tombol Bagikan ke (Facebook), Agar teman2 Kita Yang Lain dapat menikmatinya, dan dapat membantu perkembangan site ini, Kepedulian Anda, Adalah Semangat kami.Atas perhatiannya kami ucapkan banyak terimakasih.

Diare atau mencret (maaf) pada ibu hamil


Bila anda sedang hamil, pada umur kehamilan berapapun, umumnya rawan terkena diare/mencret, entah karena memakan sesuatu yang tidak cocok dengan tubuh, atau karena masuk angin. Kejadian ini pun terjadi pada saya baru-baru ini. Mengingat wanti-wanti dari orang tua, saya menghindari sejauh mungkin obat-obatan kimia selama kehamilan. Sehingga tanpa obat kimiawi mungkin mencret (maaf) yang diderita bisa terjadi agak lama, maka penanganan obat alami yang tepat amat diperlukan.

Buang-buang air (mencret) yang terjadi pada saya, tergolong agak parah karena disertai dengan muntah-muntah yang berketerusan. Badan agak lemas, namun tidak mencapai tahap yang mengkhawatirkan karena alhamdulillah setiap hari rajin meminum sari kurma dan minum air putih yang banyak selama sakit.

Derita diare/mencret yang saya alami cukup lama, sekitar 5 hari, karena saya cukup bandel dalam penanganan makanan. Selama sakit saya tetap biasa mengkonsumsi nasi dan sayur, daging, juga tetap mengkonsumsi sambal, padahal saat diare tubuh jangan terlalu berat mengolah makanan dulu, cukup hanya makan bubur nasi selama sakit. Dan juga saya tidak rutin meminum teh pahit yang disarankan orangtua, padahal saat diare/mencret menurut beliau, minum teh daun yang diseduh pahiiiiiit sekali dapat menjadi obat alamiah untuk membersihkan bakteri penyebab diare, saya disarankan tahan pahitnya sementara waktu.

Beberapa hal sesuai pengalaman saya yang dapat anda lakukan bila mencret: (jika tidak ada bahan2 yang saya sebutkan, harap mencari subtitusinya/penggantinya)
1. rajin minum air putih selama diare/mencret agar tidak dehidrasi
2. minum teh pahiiiit sekali (teh daun yang diseduh dengan air mendidih komposisi 4:1, dan diminum hangat2) teh sekali2 boleh dicampur sedikit garam dan gula pasir sedikit (pengganti cairan tubuh yg hilang)
3. selama diare minum sari kurma atau madu agar asupan ibu hamil tetap memiliki energi (tidak terlalu lemas)
4. makan bubur nasi setiap hari selama sakit (jangan makan makanan yg keras dulu)
5. cemilan cracker/biskuit agar ada makanan yang masuk sedikit sedikit meski kadang karena belum sembuh bisa keluar lagi dari tubuh

Setelah baru tadi malam mengikuti anjuran Ibu di Bogor untuk meminum teh yang pahiiiit sekali, dan makan bubur nasi saja selama sakit, keesokan harinya badan langsung terasa segar dan derita sakit selama 4 hari berangsur2 hilang, hingga hari ini tidak terasa lagi sakit perut tersebut juga tiada lagi diare/mencret. Alhamdulillah, mungkin juga doa seorang ibu mempercepat kesembuhan saya. Terimakasih mom… Terimakasih juga suami yang sangat sabaaaar dan telaten membantu selama sakit.. Facebook

0 komentar:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

KIRIM BAGI KE

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites